2016 · curhat · Indonesia · obrolan · trans jakarta

Orang Indonesia Banget !

Udah lama sebenernya kepengen posting ini eh tapiii kelupaan mulu, halaahh niniiiii 😛 ! Jadi gini, sekitar 1 bulan yang lalu, saat gue balik kantor … kan seperti biasa tuh ya pake TJ aka si Trans Jakarta. Oya ngomong ngomong TJ, gue cinta banget dah ama TJ sekarang ini, khususnya setelah separator nya ditinggiin dan bikin itu jalur TJ jadi steril ya. Perjalanan jadi lebih lancar, kalo kamu pengguna TJ dari jaman dulu pasti bisa bedain deh …. pake TJ jaman dulu ama TJ jaman sekarang.

Nah balik ke inti postingan, jadi ceritanya saat itu lagi antri ya … biasaaaa jam pulang kantor, tumplek plek dah tuh pengguna TJ. Emang siiih kadang suka ngeselin yaa orang orang yang antri nya di barisan paling depan, tapi sebenernya bis yang dia mau belum dateng. Jadilah itu akhirnya numpuk kan.

Mana kagak mau minggir kalo kita mau naik bis tujuan kita, jadinya buat masuk ke bis yang akan kita naikin itu susaaahh banget, karena ya itu … mereka tetap di posisi nya dan kita yang akan naik yang harus usaha untuk menggeliat diantara antrian mereka sambil teriak, tunggu … tungguu …. ! Biar bis yang akan kita naiki gak keburu tutup pintu dan cabut.

Tapiiii gue gak bisa salahin kenapa mereka gak mau minggir. Karena apa …. ? karena gue pun pernah di posisi mereka. Bis yang ditunggu lamaaa banget datengnya trus posisi kita udah paling depan yang mana itu berarti kita pasti bakalan dapet duduk ! Nah, siapa coba yang bakal begeser dari posisi itu …. gak ada kan?!

Sore itu, tumpukan penumpang buanyaaakk banget. Buat masuk ke bis jurusan Blok M – Kota yang mana emang banyaakkk beneeerr dah armada nya di sepanjang Sudirman Thamrin ini susahnya bukan main. Biasanya yang antri itu jurusan Pinang Ranti – Bundaran Senayan, yang bis nya masih sebijik dua bijik alias jarang banget. Atau jurusan Tangerang alias Poris Plawad atau jurusan Manggarai.

Kebeneran gue udah masuk bis, sampai saat pintu ampir ketutup ada 2 wanita yang dengan suara nyaring kasih tau kalo dia mau naik. Gue liat memang susah banget itu ngelewatin kerumunan orang yang lagi nunggu, sampai akhirnya dengan susah payah plus gue yakin dah itu BT udah naik ke langit ke tujuh kayaknya, 2 orang itu bisa masuk dan begitu sampai di mulut pintu TJ, salah satu dari mereka dengan kenceng dan juteknya ngomong …. DASAR ORANG INDONESIA BANGET !

Gue yang ada di situ langsung deg ! Pertama kaget, iyalah karena tuh suara kenceng banget plus bonus nada dan tampang jutek embaknya. Kedua, MIRIS ! Iya …. miriiiss … helloowww embaaaakkk ?! Kamu hidup dan tinggal dimana?? Kamu itu ber kewarga negaraan apa?! Kok ya gak nauin diri banget bilang begitu !!

Sayangnya posisi gue saat itu terdorong dorong hingga akhirnya agak menjauh dari embaknyah dan si embaknyah turun lebih awal dari gue. Gatel mulut ini rasanya kepengen ngomong dan mengingatkan …. dimanaaa coba saat ini dia berpijak, hidup dan menghirup udara ? Eh atau mungkin dia bukan ber kewarga negaraan Indonesia yaa, makanya ngomong begitu, hehe.

Udah sering sih ya gue denger kata kata begitu … ORANG INDONESIA BANGET ! tapi diucapkan bukan dengan nada bangga loh ya …. dengan nada …. NGENYE ! Dan sejujurnyaaa …. gue pernah ngomong begitu. Seingat gue … gue pernah ngomong gitu saat lagi mendatangi tempat wisata dan orang buang sampah plus kagak mau antri dengan tertib. Tapiiii itu juga gak diucapkan dengan suara lantang berbonus muka sebal bin jutek, tapi dalam hati *ciiihh gak beraniiii itu mah kamu siiilll ….. *hahahaha. Apapun lah ya … pokoknya gue pernah juga ngomong  begitu.

Trus kenapa dong gue protes ama embaknyah yang ngomong begitu?! Karena gue udah pernah dateng ke satu negara yang lebih jorok orang orangnya, lebih gak nau in aturan daripada Indonesia. Trus gue makin dewasa dan tuwaaa kayaknya sampai gue mikir …. kalo gue aja sebagai orang Indonesia gak bangga jadi warga negara ini trusss siapa yang bakal bangga ama negara ini??

Padahal sejak lahir kita hidup, kita besar dan menua di sini. Kita mencari nafkah dan membesarkan anak anak kita disini. Iyaa … gue tau dan pernah bilang kalo negara ini gak ramah terhadap orang tua dan anak anak, tapiiii …. bukankah negara lain atau negara tetangga juga gak langsung jadi keren seketika, semua butuh proses kaann. Seandainya semua orang cuma ‘ngenye’ dan hanya bisa berkata DASAR ORANG INDONESIA banget tanpa ada niat dan keinginan buat bikin kita ngomong … INILOOOH GUE ORANG INDONESIA dengan bangga, trus gimana ke depannya negara ini?

Ayok deh gak usah muluk muluk bakal bikin perubahan global seketika. Mulai aja dari diri sendiri dulu, antri yang tertib. Buang sampah gak sembarangan, taati peraturan apapun. Terutama peraturan lalu lintas ! Suka gemeesss deh liat mobil mobil … apalagi mobil bagus, udah jelas ada tanda dilarang putar balik, eehh pada puter balik ampe macet.

Yang paling mengesalkan itu … jalur TJ itu kan harus steril ya, awal awal iya …. pada takut kena ama polisi. Belakangan mulai pada berani masuk jalur TJ lagi. Yang masih seger nih, kejadian 2 hari yang lalu. Beberapa belas motor masuk jalur TJ di Jl. Gatot Subroto, antara halte Pancoran Barat menuju Tegal Parang. Tiba tiba bis kita diam tak bergerak, di depan bis belasan motor terjebak. Setelah TJ depan maju, para pemotor ini tampak sedikit panik yang sampai akhirnya terjadilah adegan … mengesalkan !

Jadi, motor motor itu saling bantu untuk angkat motor keluar dari jalur TJ yang pembatas nya tinggi itu !! Dan terakhir adalah jenis motor sport yang udah pasti lah ya berat. Yang lebih mencengangkan …. pengendara nya wanita ! Mana mungkin kan bedua itu bisa angkat itu motor. Bis kita udah cukup lama berhenti, kami penumpang sudah mulai kesal …. karena perjalanan terhambat gara gara ulah ‘konyol’ mereka, sampai akhirnya gak ada yang mau bantu itu embak embak angkat motornya.

Beberapa kali minta tolong pemotor yang lewat untuk bantu, tapi ditinggalkan oleh pemotor pemotor itu. Sampai akhirnya, sopir TJ kami turun dari bis dan membantu mengangkat motor embak itu !! See …… konyol banget kan !! Ada lagi yang bantu sih …. pemotor lain ada yang berhenti, digotong 4 orang masih belum bisa itu motor, sampai akhirnya datang lagi bantuan 1 orang baru akhhirnya terangkat.

Padahal ya, harusnya dia terima ‘upah’ dari kekonyolannya. Kenapa harus kami yang ada dalam TJ yang terkena imbas ke konyolannya, perjalanan kami terganggu. Andaikan dia legowo … jalan saja terus sampai ketemu polisi diujung. Kalopun ditilang …. wajar ! kan dia yang konyol, iya kan?

Truuss truuuss …… kalo liburan niiih, ke tempat wisata dalam negeri aja duluuu jangan ke negeri orang duluuu. Dan yang paling penting adalah ayok kita jaga kebersihan dan keindahan tempat wisata kita. Kadang miris loh kalo jalan jalan ke negeri orang, dateng ke tempat wisatanya, dalam hati bergumam … gileee kayak begini aja wisatawan nya bejibun, padahal di Indonesia banyak kayak begini atau bahkan lebih keren !

Dan yang nambah miris, kadang nih perlakuan terhadap turis lokal dan asing tuh bedaaaa banget ! Iya sih yang asing lebih mendatangkan ‘pendapatan lebih’ tapi jangan salaahh turis lokal juga kan ikut memberikan sumbangan yang gak kecil loohh buat tempat tempat wisata.

Nah, dari hal hal kecil macam itulah …. ayok kita sama sama merubah negeri ini. Ihh postingan gue berat banget yaa kali ini hehe. Bukan apa apa … kalo bukan kita siapa lagi? Siapa yang akan merubah kalimat …. Orang Indonesia Banget ! yang penuh dengan konotasi negatif itu … menjadi positif … kalo bukan kita?!.  Yuuukkk ….. oya, mumpung masih anget …….. Selamat Ulang Tahun Indonesia ku 🙂

PS : Sengaja pasang foto foto yang paling aku suka dari 2 tempat wisata yang paling banyak ‘penggemar’ nya di negara tercinta ini, Jogja dan Baliiiii ! 🙂

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s