2016 · Elly Risman · From Group Elly Risman and Family · from group FB Parenting with Elly Risman and family · Parenting · Sharing

Memahami Mengapa Anak Menggunakan “Bad Words” dan Bagaimana Mengatasinya

” Tuing ! … ” denting hape saya menandakan ada pesan masuk. Saya kerling : nama Firdaus muncul di layar. Firdaus adalah Kepala Divisi Anak dan Remaja (DIAR) di YKBH. Sebagai pimpinan Divisi, Firdaus mempunyai kewajiban untuk melaporkan bukan saja rencana kegiatan DIAR pekan atau bulan ini tapi juga dengan cepat memberitahu saya tentang berbagai temuan lapangan terutama yang genting genting. Biasanya laporan temuan lapangan ini perlu segera ditindak lanjuti.

DIAR adalah bagian dari YKBH yang sangat saya syukuri dan banggakan kehadiran dan kerja kerasnya. Sejak berdirinya 14 tahun yang lalu, membuat YKBH memiliki data mingguan tentang perkembangan pengetahuan dan kelakuan anak anak sehubungan dengan perilaku pubertas mereka dan juga hal hal yang berkaitan dengan pornografi.

Luar biasa perannya dalam advokasi yang kami lakukan untuk membangun awareness tentang kerusakan otak akibat pornografi baik ke lembaga legislatif termasuk ketika berjuang mengesahkan UU Pornografi dan mempertahankannya di Mahkamah Konstitusi, di Kementrian dan  Lembaga, Sekolah, masyarakat luas juga ketika memperkenalkan apa yang sudah kita kerjakan sebagai bangsa dalam sidang PBB di Wina serta saat YKBH menerima penghargaan di Amerika.

Jadi beberapa hari yang lalu, pesan yang dikirim Firdaus adalah tentang keluhan berbagai fihak, kepala sekolah, orang tua, pimpinan lembaga tentang semakin meningkatnya penggunaan “BAD WORDS” di kalangan anak anak. Bila dulu kata kata seperti ini diucapkan dengan mudah oleh anak anak SMA atau SMP, beberapa tahun yang lalu oleh anak anak SD kelas tinggi, kini jadi bahasa harian anak SD kelas rendah : murid kelas 2-3 !

Masalah utamanya adalah fenomena ini bukan hanya terjadi di sekolah di wilayah JABODETABEK saja, tetapi juga di berbagai kota yang belakangan ini dikunjungi oleh tim DIAR karena  kerjasama kami dengan Telkomsel untuk mensosialisasikan program internet baik. Saat tulisan ini saya buat, tim kami baru take of menuju Manokwari.

Kapan BAD WORDS digunakan?

Umumnya ketika anak kesal dengan temannya. Tetapi karena sebagian anak merasa mampu mengeluarkan dan menggunakan kata kata ini kesannya ” Keren “, maka mereka mengucapkannya dalam berbagai situasi, keluar otomatis begitu saja.

Apa saja BAD WORDS yang paling populer?

Saya minta maaf untuk menuliskan ini, tetapi agar ayah bunda tidak merasa aman dan menganggap anaknya tidak tahu kemudian agar ayah bunda mulai mewaspadai anak anaknya. Kata kata yang paling digunakan anak untuk mengekspresikan perasaannya adalah

“WTF” (What The Fu*k) – Fu*k – Anj**g – Mony*t – Ba*i  … dll

Istilah vulgar yang sangat enteng keluar begitu saja dari mulut mereka adalah : Ngen**t  – Kon*** dan berbagai cara orang menyebutkan organ kelamin manusia. Hadeuh !!

Dari mana sumbernya ?

Menarik sekali pengamatan dan pemantauan yang dilakukan oleh guru dari berbagai sekolah yang sudah biasa bekerjasama dengan DIAR. Mereka sudah mulai membangun cara komunikasi yang nyaman dengan murid muridnya untuk mengetahui perasaan mereka dan bekerjasama untuk memecahkan masalah yang dihadapi.

Menurut guru ini anak anak ini mendapatkan semua BAD WORDS tersebut selain dari teman adalah dari beberapa jenis komik tertentu dan umumnya dari vlog youtubers dan social media. Entah bagaimanalah kontrol penggunaan gadget di rumah, sehingga anak anak belia ini telah menjadi followers dari beberapa youtubers dan tokoh sosmed yang biasa bicara kasar dan menunjukkan bahwa mampu melakukan hal seperti itu jadi : “keren”.

Kami telah mengantongi beberapa nama ” tokoh-tokoh” tersebut dari pernyataan anak anak dan laporan guru.

Jadi bagaimana ?

Izinkan saya mengusulkan beberapa langkah yang saya harapkan bisa digunakan baik oleh orangtua maupun guru.

  1. Kita harus menyelesaikan dengan bijak dan baik kebiasaan buruk yang mulai merasuki anak kita, karena pertanggung jawaban kita pada Allah untuk menghasilkan anak yang berbudi dan beradab.
  2. Mulailah dengan tidak berburuk sangka bahwa anak kita telah melakukannya walaupun mungkin sudah.
  3. Tolong sadari dulu bahwa belum tentu anak mengerti apa yang diucapkannya. Mereka melakukannya umumnya karena meniru dan supaya tidak berbeda dengan temannya.
  4. KIta harus berusaha menciptakan situasi yang kelihatannya tidak sengaja untuk membicarakan ini dengan anak, padahal sudah disiapkan dengan rinci.
  5. Gunakanlah bahasa yang mudah dimengerti termasuk untuk menjelaskan istilah dan gunakan kalimat yang pendek pendek serta banyak kalimat bertanya.
  6. Siapkan peralatan berupa 2 buah gelas container yang bening atau baskom kecil, air putih 2 botol atau teko kurang lebih 1000 ml dab cairan kopi kental setengah gelas.
  7. Berlatih untuk menyampaikannya sehingga kelihatannya tidak serius sekali tapi santai bak mendongeng.
  8. Bercakaplah dengan nada yang rendah dan rileks tapi fokus. Matikan hape dan minta bila ada saudaranya ditangani dulu oleh orang lain jadi tidak ada gangguan.

Hal hal yang harus kita ketahui lebih dulu :

  1. Kita harus pandai menyidik, kata kata buruk apa saja yang pernah didengar anak.
  2. Harus dibedakan antara anak laki laki dan anak perempuan.
  3. Darimana mereka mendengar atau mengetahuinya ?
  4. Siapa saja diantara teman temannya sudah biasa menggunakannya, apakah anak juga pernah membalas? Apa yang diucapkannya? Kapan?
  5. Karena teman temannya sudah biasa menggunakannya, apakah anak juga pernah membalas? apa yang diucapkannya? Kapan?
  6. Sudah berapa kali sejak pertama mengucapkannya?
  7. Kata kata apa saja yang sering digunakan anak?
  8. Bahas satu satu apakah anak mengerti atau tidak apa yang dikatakannya. Gunakan kalimat sederhana dan setelah dijelaskan tanyakan apakah panyas kata kata itu kita gunakan? Misalnya kata Mo***t, Ba*i , itukan binatang. Fu*k = orang melakukan hubungan suami istri. Pantas tidak kita ucapkan? Melanggar ketentuan Allah tidak? Jadi hukumnya apa?
  9. Perlu sekali menggunakan banyak kalimat bertanya karena untuk menjawab anak harus berpikir dan harus menengok ke dalam dirinya sehingga inilah yang penting : Menimbulkan kesadaran diri.
  10. Cari tahu dititik mana anak tidak bisa mengontrol dirinya sehingga dia terpaksa mengatakannya. Ini kita sebut sebagai : ” Keterampilan yang hilang “.
  11. Bagaimanakan perasaan anak ketika dia mengucapkan kata kata itu?

Anda bisa menambahkan beberapa hal yang ingin anda ketahui. Apa selanjutnya ? Pengumpulan informasi diatas bisa saja dilakukan oleh ibu. Tetapi sebaiknya untuk membahasnya dilakukan oleh kedua orang tua. Kehadiran ayah dalam hal ini amat sangat penting karena ayah selain penentu kebijakan dan aturan dalam keluarga, ayah bisa bicara tegas dan meyakinkan dengan menggunakan kalimat yang lebih pendek, terencana sehingga lebih mudah difahami anak.

  1. Mulailah dengan menyampaikan kondisi keluarga kita. Kita keluarga baik baik dan harus bicara baik baik seperti yang diperintahkan Allah : Wa kuulu linnasi husna ! : Bicaralah baik baik dengan sesama manusia. Gunakan kalimat bertanya : Kalau Allah sudah memerintahkan kita seperti itu, apakah kita boleh menggunakan BAD WORDS? Buat kesimpulan, bahwa dalam keluarga kita (minimal) kita harus bicara baik baik dan berusaha di luar keluarga kita, kita tetap memelihara diri untuk bicara dengan baik baik. Menggunakan kata kata seperti yang diperintahkan Allah : Qaulan Kariman : Bicara dengan kata yang baik, mulia – Kaulan Maisuran : Berkata yang mudah dimengerti – Qaulan Layyinan : berkata dengan lemah lembu, dll sambil merujuk ke Al Qur’an : surah dan ayatnya. Biasakan jadikan al Qur’an sebagai rujukan dan bila perlu ikut mencari dari indeks dan membaca ayatnya dan artinya langsung. Bila anda berbeda agama, gunakan cara yang sama dengan kitab suci anda.
  2. Role Play : bagaimana kalau temanmu menggunakan BAD WORDS ? Tunggu jawaban. Karena anak harus tahu bagaimana bersikap dalam situasi yang tidak menyenangkan dan dia harus menggunakan keterampilan dan pengetahuan yang ada dalam dirinya, bukan yang kita ingatkan dalam nasihat. Minta anak untuk memikirkan beberapa alternative untuk menjawab dan menyikapi temannya. Misalnya dengan mengatakan : ” Maaf ya, aku gak mau ikut ikutan kamu berkata jorok”. “Kalau kamu mau kamu aja, aku gak ikut ikutan!” dan lain lain. Biarkan alternative itu keluar dari anak dan hargai, bahkan kalau perlu puji : Keren, Hebat, Tuh kan anak ayah bisa! CATATAN : Role play sangat penting, karena 2 hal : (a). Anak berfikir konkrit, jadi harus dengan contoh. (b). Anak perlu memiliki modal yang sudah dibangun, diproduksi dalam dirinya, tinggal digunakan. Apalagi semua telah disetujui dan diakui kedua orang tuanya.
  3. Kini gunakan lah alat peraga, sambil menjelaskan bagaimana terjadinya “wiring” dalam otak anak karena kebiasaan. Setiap kali apa yang kita dengar dan kita lakukan otak membuat sambungan. Kalau dilakukan berulang ulang maka sambungannya akan menjadi sangat tebal karena otomatis. Maukah sampai dewasa berkata kotor dan kasar seperti di you tube dan med sos? Bagaimana kalau jadi orang tua, pemimpin perusahaan dan pemimpin orang banyak?
  4. Berikutnya ambilah gelas dan isilah 1/2 dengan air. Lalu ambil cairan kopi dan masukkan setetes. Tanya kepada anak mengapa warna air berubah? bagaimana kalau dimasukkan setetes lagi dan lagi dan lagi apa yang terjadi? Buat kesamaan dengan otak yang bersih dimasukkan air yang keruh/kopi dengan otak yang bersih kemasukkan kata kata kotor.
  5. Seumpama air yang semakin keruh itu tadi apakah menurut anak bisa diubah?
  6. Nah sekarang ambillah air yang kotor itu, letakkan di atas kontainer yang kosong. Lalu terus menerus diisi dengan air bersih yang 1000ml tadi sedikit demi sedikit sehingga air yang kotor tumpah ke bawah ke dalam kontainer dan air di dalam gelas menjadi semakin bersih.
  7. Jelaskan bahwa otak yang kotor bisa dibersihkan bila mau yaitu dengan terus menerus mengisinya dan menggantikan kata kata yang kotor dengan kata yang baik : tolong, terima kasih, maaf dan berbagai kata baik atau pujian lainnya.
  8. Tanyakan pada anak : mau otak bersih apa kotor? Mau berusaha atau tidak?

Motivasi, dukung dan dampingi !

Berpikirlah positif dan jadilah tauladan karena contoh dan teladan bekerja ribuan kali lebih baik daripada kata kata saja. Selamat berjuang, yuk kita berusaha melestarikan budaya bangsa kita seperti yang selama ini kita kenal : Bangsa yang berbudi luhur dan beradab tinggi. Jangan sampai terkikis oleh zaman dan teknologi.

Kuala lumpur, dini hari 21 November 2016* #mengasuh generasi digital

Elly Risman


Ditulis kembali dari tulisan Ibu Elly Risman yang diposting pada Group FB Parenting with Elly Risman and Family yang diterbitkan pada 21 November 2016, pk.12.08 AM.

Iklan

Satu tanggapan untuk “Memahami Mengapa Anak Menggunakan “Bad Words” dan Bagaimana Mengatasinya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s