2017 · Japan · Kanazawa · Lovely Moment · my dream · My First · my story · travelling · work&travel

My First Snow At Kanazawa

Alhamdulillah saya dikasih rezeki lagi untuk berkunjung ke Jepang, kali ini tujuan nya berbeda dengan musim yang berbeda pula. Jika 2 tahun lalu saya berangkat di akhir November yang mana itu adalah musim gugur, kali ini saya berada pada peralihan musim dingin ke musim semi.

Udah siap siap dari Jakarta bawa segala sesuatu untuk musim dingin yang gak terlalu berat itu. Bawa daleman heattech nya uniqlo 3 pasang, jaket ultra light 2 bijik, sepatu boot juga gak ketinggalan. Waktu berangkat, karena liat prakiraan cuaca di accuweather hanya berkisar 10-15 derajat, dengan PD nya saya pake sneakers dengan celana panjang chino tanpa heattech. Ternyataaaa begitu mendarat di Haneda, langsung nyesssss ….. suhu, 3 derajat sajoooo !

Kaki berasa beku lama lama, dingiiiinnya gak nahan. Diketawain salah satu bos saya …. PD banget sil, mana celana agak ngatung begitu ! hahahha … saltum ! Akhirnya setelah dapet update dari tour leader nya suhu di Kanazawa lebih dingin dari Tokyo dan masih ber salju, saya bongkar tas ransel untuk ambil celana heattech dan langsung ke toilet yang ada di shinkansen.

Toiletnya, bersiiiihhh … seperti toilet Jepang pada umumnya. Di kereta juga ada embak embak yang nawarin snack dan kopi. Kemarin saya beli kopi, per cup 480 yen. Udara dingin dan kopi non sugar yang buat saya saat itu terasa maknyoooss banget nikmatnya, berasa dikasih energi tambahan buat mulai menjelajah Kanazawa ๐Ÿ™‚

Perjalanan dari Tokyo ke Kanazawa menggunakan shinkansen kurang lebih 2 jam 30 menit. Sempat sedikit mengantuk tapi kemudian seger setelah lihat pemandangan di luar kereta … salju ! Iyap ! Saya norak senorak noraknya waktu liat daerah yang kita lewati masih tertutup salju, kegirangan setengah mati pokoknya ๐Ÿ˜€ dan berharap semoga di Kanazawa atau Toyama atau Shirakawa go yang akan kami datangi itu masih banyak salju nya ๐Ÿ˜€

Tiba di stasiun Kanazawa tepat saat makan siang, kami makan siang di resto buffet di mall dekat stasiun. Lepas makan siang, semua mulai segar dan berfoto foto dengan salju yang ada di depan mall ๐Ÿ˜€ Makin dingin malah makin semangat semua. Iya, karena ini pengalaman pertama saya dan juga hampir semua peserta trip melihat salju secara langsung ! Bukan kapas kapas macem di mall di Jakarta sini saat jelang Natal di bulan Desember hehe. Oya untuk sepatu, baru saya ganti boot setelah saya beres makan siang dan bersiap ke Kenrokuen park. Dimana gantinya? di bis ๐Ÿ˜€

Tujuan pertama adalah Kenrokuen Garden. Konon taman ini merupakan salah satu dari 3 taman terindah di Jepang. 2 Taman indah lain yaitu Korakuen di Okayama dan Kairakuen di Mito. Alhamdulillah saya bisa berkunjung salah satu taman indah itu. Kenrokuen ini konon dibangun oleh klan Maeda yang juga merupakan bagian dari Kastil nya yang terkenal dengan nama Kanazawa Castle. Memang letaknya pun bersebrangan dengan kastil nya.

Kanazawa ini juga terkenal dengan emas nya, salah satunya es krim mas yang patung es nya ada di dekat gerbang masuk Kenrokuen Garden ini. Nyicip gak? karena suhu lumayan yaa … 1 derajat, saya gak berani nyicip, tapi ada beberapa teman saya yang nyicip dan ketika saya tanyakan bagaimana rasanya, mereka bilang … “kayak es krim cone nya mekdi” hahaha. Bentuknya juga mirip kan ya? Oya tiket masuk ke Kenrokuen ini sekitar 310 yen. Untuk jam buka nya jika di bulan Maret – pertengahan Oktober jam 07.00 – 18.00, dari pertengahan Oktober – Februari lebih singkat yaitu dari jam 08.00 – 16.30.

Saat saya datang kemarin, karena masih peralihan dari musim dingin ke musim semi, pohon pohon masih diikat, nah konon ini merupakan salah satu yang buat taman ini terkenal yaitu bernama “Yukizuri” ( hanging snow). Jadi selain untuk mempertahankan pohonnya, jika salju sedang banyak dan tebal maka tali tali ini akan dipenuhi salju dan akan terlihat seperti “hanging snow”. Diantara 3 taman terindah itu, konon Kenrokuen ini yang paling indah. Katanya, taman ini mengandung 6 unsur yaitu kelapangan, ketenangan, kecerdasan, kuno, sumber air, dan pemandangan.

Terlihat kan tali tali kecoklatan diantara pohon pohon itu? nah itulah yukizuri. Taman ini benar benar indah dan bulan Maret ini adalah peralihan dari musim dingin ke musim semi, ada beberapa bunga plum yang sudah mulai berbunga. Awalnya ada yang bilang kalo itu Sakura, tapi ternyata salah satu bos Jepun saya bilang kalo itu bukan sakura, tapi plum. Sekilas memang mirip ya, warna bunga nya pun agak pink begitu.

Saat kami berkunjung kemarin, banyak sekali anak anak gadis yang berkunjung dan menggunakan baju tradisional Jepang. Banyak dari peserta trip kami yang sebagian besar memang pria, inginย berfoto bersama para gadis Jepang dengan kimono ini. Diingatkan berkali kali oleh atasan atasan saya untuk minta ijin. Karena menurut atasan saya, orang Jepang ini sangat menjaga privacy … Jadi jika ingin berfoto dengan merekaย atau memotret mereka, kita harus minta ijin dulu.

Saya berkeliling taman ini sampai ke ujung, ada seperti jalan keluar yang terhubung dengan jalan kecil macam gang tapi saya tidak berani menuju kesana karena tidak ada satu pun orang yang menuju kesana. Akhirnya saya hanya mengitari taman saja sampai selesai sampai mengambil foto untuk beberapa bunga yang mulai bermekaran.

Ada yang berwarna pink, ada yang berwarna putih. Sayangnya saya gak tahu itu bunga apa karena tulisannya dalam bahasa Jepang dan saya sedang tidak berada dekat dengan atasan Jepun saya saat itu jadi gak bisa tanya tanya.

Sebelum keluar dari taman ini, seperti biasaaa … setor dulu ke toilet ๐Ÿ˜€ Mungkin karena dingin jadinya beser banget ya. Keluar dari pintu gerbang yang sama saat masuk tadi, saya dipanggil teman saya yang ternyata sedang menghangatkan diri di kedai kecil dekat pintu gerbang masuk Kenrokuen ini. Letaknya persis di dekat patung es krim emas itu.

Ada beberapa orang wanita Jepang dengan baju kimono nya juga disini. Lumayan heater yang ada di kedai itu bikin badan sedikit nyaman. Plus saat itu bisa megangin minuman kaleng hangat jadi makin nyaman deh ๐Ÿ˜€ Minuman hangat ini ternyata sudah ditukar 2-3 kali oleh GM saya hahaha. Jadiii kalo sudah berasa mulai gak hangat, dia tukar lagi minuman nya dari lemari yang ada dan oleh penjaga toko nya dibolehkan, lumayan kan ๐Ÿ˜€

Setelah puas menghangatkan diri kebetulan group kami dipanggil untuk berkumpul dan berjalan menuju Kanazawa Castle. Suhu terasa semakin dingin, awalnya kami pikir karena hari sudah semakin sore. Kami berjalan masuk ke Kastil dan saya sempat berfoto foto sejenak di depan pintu gerbang kastil ini.

Kami masuk hanya sampai pintu gerbang ke 2 dimana ada lapangan luas dan 1 tempat yang berisi tentang cerita dari Kanazawa Castle ini. Banyak yang masuk tempat ini, tapi saya yakin mungkin maksudnya sama dengan saya …. mau menghangatkan diri. Saat sedang membaca baca cerita dari kastil ini ternyata ….. turun hujan salju ! MasyaAllah ….. semua peserta terutama saya seneeeng banget ! Ini kali pertama saya merasakan hujan salju.

Saat saya sampai di Kanazawa dan ternyata masih banyak salju saja saya sudah bahagia banget eh ditambah hujan salju, bahagia triple hahaha sudah bukan kwadrat lagi ya ๐Ÿ˜€ Selesai dari Kastil kami diajak naik ke bis dan dibawa ke suatu tempat yang merupakan toko yang menjual segala sesuatu yang mengandung emas. Dari mulai teh ada emasnya yang konon bisa buat awet muda *langsung kepengen nenggak seteko* terus banyak banget barang barang lain yang ke emas emasan.

Ada juga sebuah pajangan yang ada di salah satu bagian toko itu yang menurut para penjaganya bangunan itu terbuat dari mas. Kita gak boleh pegang, cuma liatin doang. Saya gak beli apa apa di toko ini, selain perhiasan nya lumayan mahal, apalagi buat yang asli emas barang lainnya juga lumayan harganya.

Beberapa kali ditawari cream wajah yang mengandung emas dan konon juga bisa buat wajah jadi awet muda tapi saya tetap pada pendirian, gak mau beli ! Hahaha … selain mahal, kulit saya ini kan jenisnya sensitif gak berani lah coba coba begitu.

Selesai dari toko itu sebelum kita meneruskan untuk makan malam, kami mampir dulu ke sebuah daerah yang konon terkenal dengan sake dan hal hal yang berbau tradisional, seperti makanan, cindera mata. Saya tidak turun di daerah ini karena menurut informasi tidak akan lama jadi saya menunggu saja di dalam bis. Oya saya melihat beberapa kali bis di Kanazawa ini yang unik, karena tertarik saya foto beberapa ๐Ÿ˜€

Selesai dari sini, kami menuju sebuah resto untuk makan malam. Menu nya barbeque ! Perut rasanya sudah protes sejak sore di tempat teh emas tadi, makanya gak sabar banget waktu itu. Ternyata dalam perjalanan, hujan salju turun lagi dan semakin lama semakin lebat. Saya norak gak kepalang hahaha. Saya video in dari dalam bis.

Saat turun saya saling merekam bersama teman saya dan kami norak bersama hahaha. Tapi saya tidak sendiri, hampir semua peserta norak saat itu. Jadi saat kami sadar, ternyata hampir semua orang mengambil video saat hujan salju itu. Gak apalah ya norak di negeri orang hahaha apalagi kalo ada temennya ๐Ÿ˜€

Selesai makan malam kami bergegas menuju hotel. Karena tujuan utama kami sebenarnya adalah Shirakawa go, maka kami tidak menginap di Kanazawa tapi di Toyama. Perjalanan dari Kanazawa ke Toyama sekitar 1 jam. Perjalanan 1 jam tidak terasa karena kami masih tertakjub takjub memperhatikan hujan salju yang semakin lama semakin lebat itu.

Sampai di Toyama, saya sudah sangat lelah tapi masih menyempatkan diri untuk melakukan briefing dengan travel agent untuk acara esok hari agar lebih sempurna. Badan sudah mulai berasa rontok ditambah kok mulai demam ๐Ÿ˜ฆ

Akhirnya selesai briefing saya hanya sempat nyebrang ke Lawson di depan hotel untuk beli earphone karena video call saya dengan anak anak dan HN jadi gak asyik gara gara saya kelupaan bawa earphone. Oya di Toyama kami menginap di Toyama Tokyu Excel Hotel dan saat kami baru sampai, kami disambut oleh beberapa orang yang membawa spanduk dan ada badutnya jugaย lalu minta kami berfoto, ternyata mereka dari dinas Pariwisata Toyama ๐Ÿ™‚ Memang rombongan kami cukup banyak, 8 bis dengan total peserta 240 orang.

Alahmdulillah setelah makan obat yang dikasih dari travel agent, saya langsung tertidur dan terbangun dengan segarnya esok hari. Pengalaman hari pertama yang mengesankan dan gak brenti berucap syukur dikasih kesempatan indah ini oleh Allah SWT ๐Ÿ™‚

Iklan

3 tanggapan untuk “My First Snow At Kanazawa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s